Pengelasan Exothermic

Pengelasan Exothermic
Pengelasan Exothermic
Pengelasan Exothermic adalah proses pengelasan untuk membuat sambungan listrik dari tembaga dengan tembaga atau tembaga ke baja dengan menggunakan bahan campuran tembaga yang dicairkan dengan panas yang tinggi untuk menggabungkan kedua konduktor atau lebih secara permanen. Pengelasan ini merupakan bentuk lain dari beberapa jenis pengelasan yang mempunyai ketahanan korosi yang sangat baik dan juga memberikan kestabilan yang bagus pada arus listrik.

Dalam proses Pengelasan Exothermic ini bubuk butiran metalik (weld metal powder)  ditempatkan ke dalam cetakan tahan panas dan dinyalakan. Proses pengapian partikel (reaksi eksothermik) menciptakan panas tinggi lebih dari 1400 C dan menghasilkan logam cair murni. Logam cair tersebut kemudian dialirkan ke rongga cetakan untuk mengisi setiap ruang yang tersedia dan menyelesaikan proses pengelasan. Hasil las tersebut harus dibiarkan dingin dan mengeras. Cetakan dilepas dan siap untuk pengelasan berikutnya. Hebatnya, seluruh proses pengelasan Exothermic ini hanya memakan waktu beberapa detik saja.
Las Exothermic
Exothermic Welding Mold

Dalam proses Exothermic Welding untuk menggabungkan konduktor memerlukan suatu cetakan (Exothermic Welding Mold) yang dibuat dari bahan graphite (bahan pensil), dimana tembaga cair yang dihasilkan dari reaksi Exothermic mengalir melalui cetakan menuju ke atas konduktor dan menutupinya untuk dilas. Kelebihan dari sistem Exothermic Welding adalah pengelasan yang terbentuk memiliki kekuatan mekanik yang lebih tinggi daripada bentuk-bentuk lain dari proses las, dan ketahanan korosi yang sangat baik. las dengan sistem Exothermic Welding juga memberikan kestabilan yang bagus pada arus listrik dan tidak mengalami peningkatan hambatan listrik selama instalasi.

Koneksi Exothermic Welding menghasilkan sambungan permanen, jauh lebih unggul dalam kinerja dibandingkan sistem clamp. Apalagi terhadap tekanan mekanis dan koneksivitas antar permukaan material.

Seperti direkomendasikan pleh SNI, IEC, dan IEEE, bahwa semua sambungan sistem pembumian (grounding) harus dibuat dengan Exothermic Welding. Sambungan harus mencakup, namun tidak terbatas pada kabel ke kabel, kabel ke batang  (Ground Rod), kabel ke terminal batang tembaga (Copper Busbar), Ground rod ke ground rod, kabel ke baja (Steel), kabel ke baja profil (Rebar) dan kabel ke lug (Skun)

Untuk lebih jelasnya proses Pengelasan Exothermic (Exothermic Welding) bisa lihat video dibawah ini :


Kami melayani jasa penyambungan kabel (Exothermic Welding) untuk dalam kota dan luar kota, pekerjaan meliputi material dan jasa serta ditangani oleh team yang telah berpengalaman di bidangnya, sudah banyak instalasi grounding dengan pengelasan exothermic yang kami tangani







logoblog
Previous
« Prev Post