Cara Kerja Arrester



Cara Kerja Arrester

Arrester merupakan alat proteksi bagi peralatan listrik terhadap tegangan lebih, yang disebabkan oleh petir atau surja hubung (switching surge). Alat ini bersifat sebagai sebagai by-pass di sekitar isolasi yang membentuk jalan dan mudah dilalui arus petir ke sistem pentanahan sehingga tidak menimbulkan tegangan lebih yang tinggi yang merusak isolasi peralatan listrik.

Struktur material dari Surge Arrester terdiri dari dua buah lempeng logam yang didekatkan dengan atau tanpa material elektrikum. Untuk lempeng pertama dihubungkan ke jalur kabel yang diamankan dan lempeng kedua ke grounding tempat pelepasan tegangan lebihnya.

Saat terjadi lonjakan tegangan di sebuah jaringan kabel, maka pada sisi kutup Anoda Surge Arrester akan melepaskan lonjakan tegangan ke arah Katoda ( terhubung ke grounding ). Ambang batas dari seberapa besar tegangan mulai meloncat sangat tergantung dari  : 

 1. Jarak kerenggangan kedua kutub anoda 
 2. Jenis material di sela-selanya. 

Semakin panjang kerenggangan dari katoda, maka semakin besar ambang tegangan buangnya dan begitu juga sebaliknya. Material sela / elektrikum juga mempengaruhi. Material yang seringkali di gunakan : Udara bebas , Metal Oxide varistor  dan keramik. Ketiga material ini berbeda karakternya.

Didalam pemasangan penangkal petir, surge arrester merupakan jenis Internal Protection & Eksternal Protection.


Kapasitas Surge Arrester

Menyangkut kapasitas / kemampuan perangkat surge arrester listrik petir, satuan yang dipakai adalah I (Ampere). Maksimal besar arus yang bisa dibelokkan ke grounding disingkat dengan Imax (Ampere Maksimal) dalam satuan kA. Jadi semakin besar nilai Imax, maka akan semakin besar arus yang dapat di belokkan ke grounding. Tetapi konsekuensinya yaitu Imax berbanding terbalik dengan tingkat sensitif surge arrester. Bila Imax besar, maka tegangan yang masih bisa masuk/tembus ke jaringan listrik juga besar

Sebagai simulasi :

“Sebuah surge arrester listrik dengan Imax = 20 kA, maka tegangan masih bisa masuk sebesar 500 Volt. Bila dibesarkan menjadi Imax = 40 kA, maka tegangan yang masuk bisa menjadi 600 Volt atau semakin besar”. 

Solusinya adalah dengan pemasangan surge arrester listrik petir berlapis, dengan maksud bila ada tegangan yang berhasil tembus di surge arrester tahap I, akan bisa di hadang oleh surge arrester tahap II. Dengan gambaran mudah sebagaimana pemecah gelombang di pantai. Pemasangan instalasi surge arrester berlapis tentunya harus disesuaikan dengan keperluan dari suatu bangunan tersebut dan harus mempertimbangkan aspek biaya. Jadi arrester 1 Imax 10kA, lalu disambung ke arrester 2 dengan Imax 20kA akan lebih aman.

Jadi ukuran surge arrester tidak ditentukan oleh besarnya daya listrik yang dilewati, melainkan oleh besarnya Imax.


Jenis-Jenis Surge Arrester

Berbagai jenis Surge Arrester yang biasa digunakan untuk mengamankan keperluan perangkat elektronik diantaranya :

  • Arrester Listrik
  • Arrester Antena
  • Arrester Data

Untuk listrik terdapat beberapa tahapan :

  • Proteksi panel induk
  • Proteksi panel pembagi
  • Proteksi pada alat

Untuk data lebih bervariasi:

  • Proteksi Server, Router dan PC ( RJ45 interface )
  • Proteksi PABX dan line telepon
  • Proteksi radio dan satelit telekomunikas ( BNC,N,F connector )
  • Proteksi mesin absensi ( RS232 interface )
  • Proteksi untuk CCTV dan DVR
Dari rancangan material Surge Arrester pada dasarnya sama. Yang menjadikan kegunaan berbeda di karenakan perbedaan jenis material selanya ( elektrikum ), dimensi dan mutu serta kualitas dari material katodanya. Untuk kebutuhan arrester daya rendah, semisal arrester Level 3, material katoda terbuat dari Kertas Tembaga dan akan jauh berbeda untuk arrester Level 1, material katoda berupa Karbon Steel tahan karat . Sedang material elektrikumnya untuk Level 1 udara saja. Material Metal Oxide Varistor / MOV acapkali dimanfaatkan untuk kebutuhan arrester menengah sampai kecil karena sifatnya yang semi isolator. Dengan perbedaan material katoda dan elektrikum di sebuah arrester akan membuat karakteristik komponen beragam.



logoblog
Newest