Menu Melayang

18 Januari 2018

Tips Menghindari Sambaran Petir Di Area Terbuka

Menghindari Petir

Sumber Gambar : Google


Cara menghindari sambaran petir diarea terbuka - Pada saat musim penghujan hendaknya  kita berhati-hati bila hujan turun disertai petir. Mengingat bahayanya sambaran petir bagi manusia adalah sangat penting untuk mengetahui pencegahan agar terhindar dari resiko tersambar petir.

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari sambaran petir di area terbuka :

  • Jika Anda terperangkap di luar segera masuk ke dalam bangunan. Hindari gudang, gubuk atau kandang yang terkurung atau bangunan kecil lainnya di area terbuka, karena pada umumnya mereka tidak memiliki penangkal petir.
  • Jangan berada di sawah, lapangan, taman. Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.
  • Jika sedang di kolam renang dan terlihat tanda-tanda awan sudah gelap segeralah ke luar karena kolam renang adalah sasaran empuk buat petir melepas energi.
  • Hindari berteduh di bawah pohon karena pohon  yang tersambar petir energinya bisa melompat ke tubuh. Sulur-sulur pohon juga bisa menghantarkan petir ke tubuh.
  • Hindari berlindung di bawah benda logam yang menjulang tinggi. Orang yang berada di sebuah struktur yang terbuat dari logam, menara misalnya, harus segera masuk ke dalam struktur tersebut. Jangan menyentuh struktur logam yang terkena petir
  • Jika sedang berteduh di luar ruangan jangan terlalu dekat dengan orang lain (bergerombol) setidaknya beri jarak 3-5 meter untuk menghindari lontaran energi jika ada petir.
  • Kalau kebetulan Anda sedang berdiri di tempat terbuka, secepatnya dekati obyek yang lebih tinggi, jangan malah menjauhinya. Namun ingat, jangan terlalu dekat dengan obyek tersebut. Jarak maksimal paling aman adalah 2,5 meter dari obyek tinggi itu. Semakin jauh dari obyek yang tinggi, makin berisiko tersambar petir.
  • Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan cari tempat berlindung. Hindari berteduh dibawah pohon.
  • Bagi petugas yang bekerja di bandara, jangan berlindung di bawah sayap pesawat dan di dekat roda ketika hujan. Alasannya, posisi ekor pesawat yang tinggi bisa tersambar petir dan langsung mengalir ke badan pesawat.
  • Dan jika anda tak menemukan tempat berlindung, berjongkoklah dengan merapatkan kedua kaki. kemudian tundukan kepalamu serendah-rendahnya tanpa menyentuh tanah. Dengan cara itu, petir yang menyambar di dekat Anda tidak akan mengalir ke dalam tubuh. Namun, kalau kedua kaki anda terbuka, petir itu akan meloncat ke tubuh anda. Ingatlah keterangan pada sambaran karena jalur Voltase, Anda hanya boleh membuat satu titik kontak dengan tanah, usahakan tangan tidak menyentuh tanah dan jangan berbaring karena bisa memudahkan penyaluran tenaga petir dari tanah ke tubuh Anda

Bila terjadi banyak sambaran petir maka segera cari perlindungan diantaranya :

  • Mobil, karena petir hanya akan mengelilingi permukaan mobil lalu energinya jatuh ke tanah. Sehingga pengendara mobil tak perlu khawatir dengan sambaran petir. karena petir yang menyambar mobil langsung dinetralkan ke tanah.  Penumpang di dalam pesawat juga aman karena pesawat terbuat dari bahan yang bisa melindungi penumpang dari petir.
  • Rumah, dengan syarat jika ada petir cabut stop kontak listrik seperti televisi dan komputer karena antena TV bisa menghantarkan listrik yang tersambar petir.  Jauhi teras.  Jangan menelpon pakai telpon rumah karena arus listrik bisa melewati sambungan telpon. Pakai telpon genggam lebih aman. Menjauhlah dari peralatan rumah yang terbuat dari logam seperti kusen atau pegangan pintu dari logam. Hindari posisi yang dekat dengan kontak listrik. Menjauhlah dari lokasi yang berair atau tanah yang basah, serta jauhi pintu, dan jendela. Jauhi pipa saluran air (bath tub, shower). Petir memiliki kemampuan menyambar rumah atau dekat rumah dan arus listrik dapat merambat lewat pipa logam saluran air. Gunakan sandal rumah dari karet (sandal jepit) atau usahakan memakai kaos kaki yang kering, sebagai upaya ‘memisahkan’ tubuh kita dari tanah.

Tempat-tempat yang berisiko Tersambar Petir :

  • Tempat yang beresiko tersambar petir adalah daerah perbukitan, lereng, daerah terpencil, dan daerah pedesaan. Di perkotaan, risiko terkena petir relatif kecil karena kepadatan penduduk di kawasan tersebut merata.
  • Kolam renang.
  • Petir juga bisa merambat melalui saluran kabel listrik dan telepon. Kabel  telepon yang masuk ke pesawat telepon sebaiknya juga dicabut.
  • Antena televisi juga bisa menjadi penghantar petir masuk ke rumah. Konstruksi bangunan yang terbuat dari beton bertulang sebenarnya sudah berfungsi sebagai alat penangkal petir.

Perlu diketahui bahwa udara di sekitar petir biasanya sangat panas sekali, mencapai sekitar 20.000 derajat Celcius atau lebih dari 3 kali lebih panas dari permukaan matahari (diperkirakan pada 5.500 °C). Suhu udara dapat berkisar dari 8.000 hingga 30.000 °C.

Bagi Anda Yang Membutuhkan Jasa Pemasangan Penangkal Petir ( Lightning Protection), Grounding System, dan Exothermic Welding, Instalasi Surge Arrester Untuk Rumah Tinggal, Perkantoran, Gedung Bertingkat, Hotel, Gudang, Pabrik, Pembangkit Listrik Dan Area Tambang, Bisa Menghubungi Kami Pada Tombol WhatsApp Dibawah ini


INFORMASI PEMESANAN DAN PEMASANGAN



Admin 1 Admin 2

Kantor Pusat

Jl Pangeran Jayakarta No. 65
RT. 005/001 Kel. Harapan Mulya,
Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi


Alamat Email

visiotekindonesia@gmail.com

turmujiazzam@gmail.com


Jam Operasional :    Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB.

Blog Post

Related Post

Klien Kami

Jasa Pasang Tower Triangle

Ikuti Kami





Lokasi Kami