Menu Melayang

17 Januari 2023

Penyebab Peralatan Elektronik Tersambar Petir

Tersambar Petir

Tiang Listrik Tersambar Petir

Petir adalah lompatan arus listrik statis, aliran arus petir selalu mencari media penyaluran yang termudah dan tercepat ke bumi. Untuk mencapai bumi, aliran arus tersebut harus melewati udara yang sebenarnya merupakan isolator atau media penyaluran yang buruk. Namun karena sangat besarnya beda potensial yang ada maka isolator tersebut bisa ditembus dan terlihat oleh mata kita sebagai cahaya/sinar petir.

Seperti kita ketahui kepadatan/kerapatan dan kelembaban udara di atmosfer bumi tidak merata, karena itu aliran arus tersebut akan memilih udara yang resistansinya/hambatannya lebih rendah dari sekitarnya. Karena itulah kita sering melihat petir yang melompat tidak selalu lurus bahkan bercabang-cabang.

Selain melewati udara, aliran arus tersebut akan melewati benda terdekat yang resistansinya juga lebih rendah dari udara sekitarnya. Bisa pohon, gedung, kabel listrik atau tiang listrik, saat petir menyambar tiang listrik menimbulkan lonjakan tegangan berlebih melewati saluran listrik. Tegangan lebih itulah yang mengganggu peralatan dan menghasilkan radiasi elektromagnetik. Selain itu, durasi tegangan lebih menyebabkan puncak energi pada rangkaian listrik.

Eletronik Tersambar Petir

Alat Elektronik Tersambar Petir

Bagaimana dengan alat elektronik/listrik di dalam rumah ?
Barang-barang tersebut biasanya tersambung langsung dengan supply listrik dari luar (PLN) atau menggunakan Antena di Luar/atas rumah. Hal inilah yang menyebabkan alat elektronik/listrik di dalam rumah bisa terkena efek dari petir yg terjadi di luar rumah. Peralatan elektronik merupakan benda yang mudah terbakar jika tersambar petir, karena peralatan tersebut tidak didesain menahan tegangan berlebih akibat dari sambaran petir. Itulah yang menjadi penyebab peralatan elektronik didalam rumah bisa rusak akibat tersambar petir.

Bagaimana solusi agar peralatan elektronik aman dari sambaran petir ?
Untuk meningkatkan keamanan pada jaringan distribusi listrik, caranya adalah dengan memasang penyalur petir pada bagian luar rumah atau gedung dan alat pengaman internal (Surge Arrester) yang berfungsi untuk melindungi peralatan listrik rumah atau gedung dari tegangan berlebih / lonjakan tegangan sebagai akibat dari sambaran petir. Surge Arrester tersebut akan membatasi tegangan berlebih (over voltage) yang terjadi pada jaringan listrik dan mengalirkannya ke tanah (ground). Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan sementara berbagai aktivitas yang berkaitan dengan aliran listrik, hingga cuaca membaik.

Pemasangan Surge Arrester

Pemasangan Arrester

Bagi Anda Yang Membutuhkan Jasa Pemasangan Penangkal Petir ( Lightning Protection), Grounding System, dan Exothermic Welding, Instalasi Surge Arrester Untuk Rumah Tinggal, Perkantoran, Gedung Bertingkat, Hotel, Gudang, Pabrik, Pembangkit Listrik Dan Area Tambang, Silahkan Hubungi Kami Pada Tombol WhatsApp Dibawah ini


INFORMASI PEMESANAN DAN PEMASANGAN



Admin 1 Admin 2

Kantor Pusat

Jl Pangeran Jayakarta No. 65
RT. 005/001 Kel. Harapan Mulya,
Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi


Alamat Email

visiotekindonesia@gmail.com

turmujiazzam@gmail.com


Jam Operasional :    Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB.
tag : ciri-ciri kulkas dan televisi tersambar petir, memperbaiki listrik terkena petir

Blog Post

Related Post

Klien Kami

Jasa Pasang Tower Triangle

Ikuti Kami





Lokasi Kami