Menu Melayang

19 Januari 2018

Jasa Instalasi Grounding Anti Petir

Jasa Instalasi Grounding Anti Petir

(Grounding System)

Sistem pembumian (grounding system) adalah suatu rangkaian sistem pengaman yang berfungsi untuk melepaskan arus petir ke dalam bumi, salah satu kegunaannya untuk melepas muatan arus petir. Tingkat kehandalan sebuah grounding ada di nilai konduktivitas logam terhadap tanah yang ditancapinya. Semakin konduktif tanah terhadap benda logam, maka semakin baik. Kelayakan grounding harus bisa mendapatkan nilai tahanan sebaran maksimal 5 ohm (PUIL 2000 : 68) dengan menggunakan earth ground tester. Namun begitu, untuk daerah yang resistans jenis tanahnya sangat tinggi, resistans pembumian total seluruh sistem boleh mencapai 10 ohm (PUIL 2000 : 68).

Baca juga :   Pengelasan Exothermic

Pemilihan bahan material grounding yang baik seharusnya dapat mengaliri arus dengan baik, tidak mudah korosif, kuat dan tahan lama. Material dimaksud dapat berupa stik rod (batang tembaga), plat tembaga atau lempengan tembaga.

Faktor terpenting pada sistem grounding / pentanahan adalah hambatan dalam dari tanah tempat batang ground / stik rod akan dipasang. Alat yang umum digunakan oleh instalatir listrik / penangkal petir dalam mengukur hambatan dalam dari tanah adalah meger dan earth tester.


Pengukuran Resistensi Grounding


Pengukkuran nilai tahanan dengan earth tester yang ideal suatu grounding (pentanahan) besar tahanannya nol ohm. Tidak ada satu standar mengenai ambang batas nilai tahanan grounding yang harus diikuti oleh semua badan. Tetapi badan NFPA dan IEEE telah merekomendasikan nilai tahanan grounding (pentanahan) lebih kecil atau sama dengan 5 Ohm.

System grounding yang baik ditandai dengan nilai resistensi tahanan yang rendah, nilai itu bisa diperoleh dengan cara yang benar, pemakaian bahan kimiawi seperti bentonite serta karbon aktif adalah sebagai bahan material pembantu pada area struktur tanah spesifik, juga sebagai media pelembab sehingga resistensi tahanan bisa berkurang. 


Bubuk Bentonite


Video Instalasi Grounding dan Penangkal Petir :


INFORMASI PEMESANAN DAN PEMASANGAN



Admin 1 Admin 2

Kantor Pusat

Jl Pangeran Jayakarta No. 65
RT. 005/001 Kel. Harapan Mulya,
Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi


Alamat Email

visiotekindonesia@gmail.com

turmujiazzam@gmail.com


Jam Operasional :    Senin s/d Sabtu Pukul 08.00 WIB - 16.30 WIB.

Blog Post

Related Post

Klien Kami

Jasa Pasang Tower Triangle

Ikuti Kami





Lokasi Kami