Menu Melayang

18 Januari 2023

Cara Pasang Surge Arrester

Surge Arrester

Arrester Pengaman Listrik


Fungsi arrester adalah sebagai alat pengaman pada jaringan instalasi listrik untuk mencegah kerusakan peralatan elektronik atau peralatan lainnya pada sistem jaringan listrik akibat terjadinya gangguan tegangan berlebih (over voltage) atau arus lebih (over current) yang mengalir pada jaringan listrik tersebut dan menyalurkannya kedalam tanah (Pembumian/ground). Ada beberapa merk arrester yang tersedia dipasaran mulai dari : Schneider, Obo, Phoenix, dan lainnya untuk 1 phase atau 3 phase silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Secara rinci fungsi dari pengaman Surge Arrester ini adalah sebagai berikut:
  1. Melindungi jaringan listrik terhadap kondisi beban lebih (over load) atau hubungan singkat (chort circuit).
  2. Melindungi jaringan listrik terhadap gangguan fisik dari luar terutama untuk saluran udara (overhead line). Misalnya karena sambaran petir, sambaran induksi awan bermuatan listrik dan sebagainya.
  3. Mengisolir bagian sistem yang terkena gangguan sehingga peralatan listrik pada instalasi rumah dan gedung akan lebih aman dari kerusakan.

Cara pemasangan surge arrester pada jaringan instalasi listrik

Surge Arrester

Instalasi Arrester Secara Seri


Surge Arrester

Instalasi Arrester Secara Pararel


Pada pemasangan arrester ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, anda harus menyiapkan tempat pelepasan tegangan lebih atau grounding dengan nilai resistansi yang benar yakni kurang dari 5 ohm.

Letakkan surge arrester setelah meter listrik, bisa juga anda letakkan didalam panel pembagi atau utama, dengan memperhatikan dua cara sistem pengamanan.

Sistem pengamanan tersebut adalah:

  • Pengamanan jalur tunggal adalah sebuah teknik pengamanan satu kutub phasa saja (+)
  • Pengamanan jalur ganda merupakan sebuah jenis pengamanan dua buah jalur phasa atau neutral. Dengan cara,hubungkan secara pararel arrester dari kutub phase-ground dan kutup neutral-ground.

Jika sistem grounding di jaringan listrik sudah tersedia, tentu sangat menguntungkan. Hal itu disebabkan, tiang perangkat elektronik biasanya juga sudah dilengkapi dengan pengaman tegangan yang kerjanya membutuhkan grounding.

Prinsip Kerja Surge Arrester

Struktur material dari Surge Arrester terdiri dari dua buah lempeng logam yang didekatkan dengan atau tanpa material elektrikum. Untuk lempeng pertana di hubungkan ke jalur kabel yang di amankan dan lempeng kedua ke grounding tempat pelepasan tengangan lebihnya.

Pada saat petir menyambar jaringan listrik, tegangan listrik akan melonjak besar. Hal ini membuat dua logam pada arrester akan bekerja saling terhubung dan menyalurkan arus listrik (sebagai konduktor). Namun fungsi konduktor ini tidak akan mengenai sistem kelistrikan yang ada karena salah satu kutub itu akan meneruskan ke tempat pembumian (Grounding). Sistem grounding harus bagus dengan nilai tahanan yang kecil sehingga tidak mengganggu kinerja arrester. Dengan demikian adanya tegangan kejut atau surge tidak akan merusak peralatan listrik, dan dengan tanpa memutuskan arus listrik sedikitpun.

Bagi Anda Yang Membutuhkan Jasa Pemasangan Penangkal Petir ( Lightning Protection), Grounding System, dan Exothermic Welding, Instalasi Surge Arrester Untuk Pengaman Internal Rumah Tinggal, Perkantoran, Gedung Bertingkat, Hotel, Gudang, Pabrik, Pembangkit Listrik Dan Area Tambang, Silahkan Hubungi Kami Pada Tombol WhatsApp Dibawah ini


Informasi Pemesanan Dan Pemasangan

Admin 1 Admin 2 Admin 3

Kantor Pusat

Jl Pangeran Jayakarta No. 65
RT. 005/001 Kel. Harapan Mulya,
Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi


Alamat Email

visiotekindonesia@gmail.com

turmuji@visiotek.co.id


Catatan: Jika Admin 1 lambat atau tіdаk merеѕроn, silahkan langsung chat pada Admin 2 atau Admin 3. Terima Kasih

Blog Post

Related Post

Back to Top

Klien Kami

Jasa Pasang Tower Triangle

Ikuti Kami





Lokasi Kami


Pembayaran

BCA
0661 819 650

BNI
0443 123 280

MANDIRI
123-000-5789-047

Semua Rek A/N :
T U R M U J I